Search Bar

Teknologi Handphone Masa Depan


         Dari waktu ke waktu teknologi ponsel selalu berkembang. Dari segi desain maupun fungsi telah banyak mengalami perkembangan sehingga perlu dilakukan eksplorasi yang lebih dari produsen guna menjawab tantangan waktu. Konsep handphone ramah lingkungan menjadi salah satu gagasan para pengembang untuk mengawali langkah menyambut teknologi handphone masa depan.

          Saat ini berbagai desain telah muncul sebagai gambaran teknologi handphone masa depan. Mungkin konsep-konsep mutakhir nan pintar ini terlihat aneh di waktu sekarang, namun bukan tidak mungkin di waktu yang akan datang bisa menjadi barang nyata dan hal yang lazim di zamannya. Bukankah di masa lalu kita tak pernah membayangkan sebuah gadget ponsel yang memiliki fitur layar sentuh sebagai navigasi? Dan waktupun menjawabnya. Saat ini, ponsel touchscreen bertebaran dimana-mana dengan hampir semua vendor terkenal ikut bermain di pasar ini.

Bagaimana tampilan dan bentuk desain yang diproyeksikan untuk teknologi handphone masa depan tersebut? Mari sama-sama kita simak pembahasan singkat yang dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini :




  • Leaf Phone
         Leaf Phone atau dalam bahasa Indonesia berarti ponsel daun ini terlihat indah akan tetapi tidak mengurangi nilai fungsionalnya sebagai sebuah handphone. Berwujud seperti daun kembar yang dijadikan satu dengan pengikat khusus. Kita bisa meletakkan gadget ini di pergelangan tangan atau bahkan tempat tertentu di badan sesuai yang kita inginkan.









  • Sticker Phone
          Dari sebutannya saja sudah kelihatan bahwa ponsel tersebut efektif untuk ditempelkan di semua tempat. Jika Sticker Phone menempel pada dinding atau pintu yang terkena langsung sinar matahari, handphone ini dapat mengisi ulang baterai dengan sendirinya. Ini bisa terjadi karena didalam handphone tersebut terdapat panel tenaga surya. Wah.. jika nanti bisa direalisasikan maka satu lagi terobosan di dunia ponsel, sebuah alat yang inovatif dengan tenaga surya sebagai teknologi alternatif baterai di masa depan, sehingga kita tak perlu repot-repot mencari colokan listrik atau kemana-mana ribet menenteng charger baterai.





  • Cobalto
          Teknologi handphone yang satu ini terlihat futuristik. Pada bagian atas Cobalto terdapat layar 3D yang akan berfungsi menampilkan obyek di sekitar pencarian saat pengguna Google Maps menentukan sebuah tempat. Sebagai contoh jika kita membidik suatu obyek dan didekatnya terdapat tower atau bangunan tinggi, maka tower tersebut akan terlihat tampil ke atas seperti keluar dari layar. Semua body dari alat ini dibuat berbahan baku kaca.







  • Packet
           Adalah ponsel yang terbuat dari komponen layar bersifat fleksibel. Packet pada mulanya merupakan handphone mini biasa tapi tersusun dari beberapa lipatan dan jika kita membukanya step by step maka ukurannya akan semakin besar. Teknologi yang Unik bukan?






  • Mobile Script
         Mobile Script mulanya hanya kelihatan kotak panjang seperti handphone pada umumnya. Namun siapa yang mengira jika alat ini menyimpan layar berukuran besar yang tersembunyi! Karena multifungsi maka bersama teknologi layar ini kita bisa mengoperasikan berbagai fitur. Salah satunya kita bisa menggunakannya untuk bermain game dengan leluasa.





  • Fujitsu Pebble
            Tidak ada yang istimewa dari penampilan Fujitsu Pebble ini. Tapi Anda akan terkesima saat layar handphone yang tadinya cuma terlihat satu titik hitam, akan segera merubah dirinya sehingga berwujud browser, keypad dan aplikasi yang lain setelah kita memencet tombol tertentu. Teknologi handphone masa depan yang pantas kita nantikan kehadirannya





  • Nokia Morph
           Menurut rumor yang berkembang, Nokia Morph adalah ponsel pintar yang sanggup membersihkan dirinya sendiri dari kotoran yang menempel. Mengusung teknologi Nano, layar dalam handphone ini transparan dan dapat disesuaikan bentuknya menurut selera penggunanya. Selain itu, Nokia Morph juga berbodi fleksibel.






  • Snake Phone
       Handphone desain dari Product Visionaires ini bentuknya melingkar-lingkar seperti ular dan fleksibel. Karena itulah namanya adalah Snake Phone. Jadi bisa dilekatkan ke lengan penggunanya.

Mungkin akan menjadi kabar baik bagi mereka yang sering kehilangan ponsel. Karena terikat erat di tangan, maka kemungkinannya untuk hilang sangat kecil.






  • Kyocera Kinetic OLED Cell Phone
         Konsep Handphone desain dari Kyocera ini juga dirancang memakai layar fleksibel berjenis OLED. Bentuk awalnya seperti sebuah dompet. Namun bisa direntangkan sehingga layar sentuhnya menjadi lebar.





  • 3. CellPhone Roll
       Seorang desainer asal China bernama Tao Ma membuat ponsel yang mirip dengan roll film ini. Bodinya terdiri dari tiga bagian, yaitu baterai, komponen hardware dan layar. Uniknya, layarnya dapat ditarik keluar. Jika sudah tidak digunakan, dapat dimasukkan lagi ke dalam bodi handphone.






  • Bend in Touch
        Desainer Andy Kurovets membuat konsep ponsel yang cukup mengagumkan & keren. Ponsel yang sepenuhnya layar sentuh ini punya layar kedua yang diselipkan di bodi handphone.

Layar kedua tersebut bisa ditarik keluar. Cukup keren kan? Selain layar, kamera di ponsel ini juga tersembunyi dan bisa ditarik keluar.







  • Transformers Phone
Dilihat lihat , bentuknya sepertinya biasa saja. Namun ternyata, konsep ponsel bikinan Parkoz Hardware ini bisa berubah bentuk menjadi semacam robot Transformers yang keren. Jadi selain untuk berkomunikasi, juga bisa dipakai sebagai mainan.




  • Ponsel Transparan
       Ponsel transparan memang sudah beberapa kali sudah ada, seperti ada Sony Ericsson Pureness. Namun Yanko Design membuat konsep ponsel yang hampir seluruh bagian handphone tembus pandang. Tidak hanya ponsel candybar, namun juga yang berjenis flip.





  •  Separate Keitai

       Konsep ponsel ini dikembangkan oleh NTT Docomo dan Fujitsu. Separate Keitai, demikian namanya, terdiri dari dua bagian. Yaitu layar dan keyboard.
       Kedua bagian tersebut dapat terhubung dengan koneksi Bluetooth. Pengguna juga dapat menyatukannya karena punya magnet.







  • Radia
      Dilihat dari namanya, Radia terlihat sangat simple. Sama dengan bentuknya. Radia juga sangat simple. Wujudnya berupa lingkaran, namun desainnya berkelas dan tampak premium.

       Masalahnya, layarnya tidak cukup luas untuk kegiatan multimedia seperti melihat video atau menjelajah internet. Tampaknya hanya nyaman dipakai untuk telepon saja.








  • 9. Pebble
       Wujud ponsel ini memang cukup unik. Bodinya dapat dipisah, dan kemudian di tengah-tengahnya terdapat layar sentuh berukuran mini. Tidak cukup baik untuk multimedia memang, namun setidaknya desainnya lain dari yang lain.





  • 10. Playstation Handphone
      Sony Ericsson memang sudah cukup lama mengeluarkan Xperia Play yang dijuluki sebagai ponsel PlayStation. Namun handset konsep ini tampaknya lebih menarik. Layarnya lebih lega dan bentuknya pun keren.
Itulah beberapa informasi berupa ide unik sebagai jawaban atas gambaran teknologi handphone masa depan. Mungkin masih terdapat contoh lainnya yang tidak tercover oleh penulis. Kita berharap semua rancangan ini dapat terwujud karena akan sangat disayangkan jika konsep-konsep tersebut hanya berhenti di tengah jalan.




Dunia dizaman memang semakin maju aja ya...

sekian dulu ya artikelnya ya ....semoga beranfaat

Post a Comment

4 Comments

Silahkan Dikomentar ya?