Search Bar

Cara menampilkan Start Menu pada windows 8 dengan registry


Apakah anda pengguna komputer yang baru saja mengganti Windows yang terinstall di komputer dengan Windows terbaru yaitu Windows 8? Saat pertama kali anda menggunakan Windows 8 mungkin anda akan mengalami hal yang saya rasakan yaitu merasa bingung karena pada Windows 8 saya tidak menemukan tombol start layaknya Windows XP, Vista atau Seven.

      Saya tidak sepenuhnya mengatakan bahwa Microsoft telah meniadakan tombol start pada Windows terbarunya. Tombol start tetap ada, namun desain metro seolah menyembunyikan tombol tersebut dan mengubah total desain start menu menjadi start screen. Defaultnya, untuk mengakses tombol start menu model Windows 8, anda dapat melakukannya dengan cara mengarahkan kursor ke sudut kanan atas Windows 8 anda. Anda akan menemukan start menu disana namun dengan desain antar muka yang jauh berbeda dibandingkan dengan Windows pendahulunya.

     Sesuai judul “Cara Menampilkan Start Menu Windows 8” pada artikel kali ini saya akan membagikan 3 alternatif cara menampilkan tombol start menu pada Windows 8. Ke 3 cara yang akan saya share disini, bisa anda terapkan salah satu saja, silahkan pilih salah satu dari ketiga cara mengembalikan tombol start Windows 8 yang menurut anda mudah dan bisa anda lakukan sendiri.




Mengembalikan Start Menu Windows 8 Dengan Edit Registry


Sebelum saya beberkan cara menampilkan tombol start menu Windows 8 dengan melakukan editing pada registry Windows, ada baiknya jika anda melakukan backup dulu. Hal ini perlu anda lakukan untuk berjaga-jaga ketika anda melakukan kesalahan tanpa disengaja yang mengakibatkan Windows menjadi error. Dengan melakukan backup terlebih dulu, ketika Windows mengalami error akibat pengeditan yang dilakukan pada registry, anda bisa mengembalikannya dengan cara restoring registry Windows 8 anda dan komputer akan kembali normal.

Berikut cara hack regitry Windows 8 untuk memunculkan kembali tombol start menu seperti pada Windows pendahulunya:

    1. Tekan tombol pada keyboard yang berlogo Windows dibarengi dengan menekan huruf R, maka akan muncul kotak dialog Run.

    2. Pada kotak dialog Run, ketikkan regedit dan lanjutkan dengan menekan Enter pada keyboard atau klik OK dan seketika itu anda akan melihat jendela Registry editor.

    3. Arahkan mouse anda kesebelah kiri jendela Registry editor dan cari: HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorer

    4. Lihat bagian kanan jendela Hack Registry editor, anda akan menemukan isian RPEnabled yang secara default key nya berisi 1

    5. Klik 2 kali pada RPEnabled dan ubah nilainya menjadi 0 dilanjutkan dengan meng klik Ok
    Tutup jendela Registry editor dan restart lah komputer anda. Ketika komputer sudah kembali hidup, anda akan menemukan tombol Start menu Windows 8 layaknya tombol start Windows 7.

      Perlu anda ketahui bahwa cara di atas juga akan berakibat pada pada effek ribbon, tapi menurut saya tidak akan berpengaruh terlalu siginnifikan





      Post a Comment

      2 Comments

      Silahkan Dikomentar ya?