Search Bar

Materi enumeration

Assalamualaikum Wr Wb

         Oke,oke,,,Kembali lagi bersama saya,siapa lagi kalau bukan Bang Sholeh.Kali ini saya akan berbagi sedikit tentan materi PBO yaitu enumeration.

Oke,langsung saja di 5D ya :
  • Dilihat
  • Dibaca
  • Dipahami
  • Dipraktekkan
  • Dan di like yo reck ( hehehe )

Sumber : Bapak Mudafiq Riyan Pratama, S.Kom.
Apa itu ENUMERATION ?

          Enumeration atau biasa disebut enum yang berfungsi untuk menyimpan konstanta. Enum juga digunakan untuk mendefinisikan sekumpulan suatu konstanta yang me- representasi-kan pengenal yang unik.Layaknya sebuah class, enum dideklaraksikan seperti halnya class, constructor, field, dan method

           Enumeration merupakan salah satu fitur dari J2SE versi 5. Enumeration adalah kumpulan nama-nama konstant yang didefinisikan sebagai tipe data baru. Sebuah objek bertipe Enumeration dapat mengakses isi dari kumpulan nilai pada enumeration. Kalau saya menyebutnya sebagai array yg konstan nilainya karena enumeration ini seperti array namun perbedaanya adalah isi dari kumpulan enumeration bersifat tetap dan enumeration dalam pemrograman java disebut sebagai tipe dari kelas.

           Di dunia nyata, kita banyak menemukan contoh nyata dari implementasi sebuah enumeration, seperti enumeration hari. Untuk membentuk sebuah enumeration, kita cukup menuliskan seperti :

enum hari { senin,selasa,rabu,kamis,jumat,sabtu,minggu }

Itu sedikit cuplikan dari Enumeration.

Lebih lengkapnya langsung kalian download aja materinya DISINI



Post a Comment

0 Comments