Search Bar

Polimorfisme & Enkapsullasi dalam java

Assalamualaikum Wr Wb

Kembali lagi dengan saya, siapa lagi kalau bukan bang sholeh. kali ini bang sholeh sedikit berbagi apa itu yang dinamakan polimorfisme & enkapsulasi.

langsung saja di 3D ya :
  • Dilihat
  • Dibaca
  • Dipraktekkan ( hehehe )


 Polimorfisme & Enkapsullasi dalam java !



  • Polimorfisme

            Kemampuan dari reference untuk mengubah sifat menurut object apa yang dijadikan acuan. Polimorfisme menyediakan multiobject dari subclasess yang berbeda untuk diperlakukan sebagi object dari superclass tunggal, secara otomatis menunjuk method yang tepat untuk menggunakannya ke particular object berdasarkan subclass yang termasuk didalamnya. Polymorphism membuat objek-objek yang berasal dari subclass yang berbeda, diperlakukan sebagai objek-objek dari satu superclass. Hal ini terjadi ketika memilih method yang sesuai untuk diimplementasikan ke objek tertentu berdasarkan pada subclass yang memiliki method bersangkutan.

Misalkan ada 3 class : person, student, employee. Dengan struktur class dibawah ini :







Pada class Student (Student.java) :



   Pada class Student terdapat satu method printInfo dimana method tersebut meng-overide method method printInfo pada super class person

Pada class Employee (Employee.java) :









Pada class Employee terdapat satu method printInfo dimana method tersebut meng-overide method method printInfo pada super class person

Pada class Person (Person.java) :



         Class Person merupakan superclass dari class employee dan class student. Pada class ini dimana terdapat sebuah referensi person yang merupakan tipe dari superclass. Dimana referensi ini diarahkan ke objek dari subclass tersebut. Ketika method printInfo dipanggil dari reference Person person, method printInfo dari subclass akan dipanggil. Method yang dipanggil akan mengarah class dimana reference itu merujuk object dari class yang bersangkutan. Seperti yang ada pada kode program diatas.

Jika Class person di run maka hasilnya  :







! ENKAPSULASI :
 
Enkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan detail dari suatu class. Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni:

>> Information hiding
 Penyembunyian infromasi suatu class sehingga anggota tersebut tidak dapat diakses dari luar dengan memberikan acsess modifier private

>> Interface to acsess data

       Perubahan terhadap data dapat dilakukan dengan method untuk menginisialisasi nilai atau merubah nilai dari suatu atirbut tersebut.



Itu sedikit cuplikan tentang polimorfisme dan enkapsulasi dalam java.

Kalau mau download materi DISINI
Dan Source Code DISINI







Babai...babai..???











Post a Comment

0 Comments