Search Bar

Perkembangan teknologi joystick usb sampai saat ini


Assalamualaikum wr wb

       kembali lagi dengan saya, siapa lagi kalau bukan bang sholeh. kali ini bang sholeh sedikit berbagi tentang informasi teknologi joystick. sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya ana mengenal apa itu yang dinamakan joystik ?


JOYSTICK !
       Joyostick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak kesegalaarah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensike komputer.


SEJARAH JOYSTICK !
         Joystick mulai dikena lpada abad 20an pada waktu itu di nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.

         Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik.2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman.Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil kearah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepadaproyektil via radio.

         Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan berkembang keindustri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks kepad aindustri komputer dan para pemakai lain.

        Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisidan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensio meter untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenalistilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega.seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).


JENIS - JENIS JOYSTICK !



1. Logitech Rumble
      Jenis joystick diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.



2. Logitech Racing Whell
    Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.




3. Logitech Extreme 3D Pro
     Jenis joystick di atas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.



4. Joystick berupa Stir Pesawat
      Jenis ini berbentuk lonjong ke atas dan berfungs ikhusus untuk game pesawat terbang.




5. Joystick PC dengan Fungsi Turbo
        Berbeda dengan joystick yang beredar di pasaran, Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangandengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero, Elevator, Trottle dan ControlPower. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan perminan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkkan senjata otomatisyang baik, Metal Strike 3D memiliki 13 tombol.





6. Joystick Controller
       Jenis ini mengunakan potentiometric. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis initerbuat dari plastic, nilon, gelas penuh nilon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang industry atau peralatan untuk tugas berat seperti forklift, crane, mesin pertanian, kendaraaan kemudi.



7. Joystick Virtual
   yaitu ibu jari sebelah kiri untuk mengendalikan gerak dan ibu jari sebelah kanan berfungsi untuk melakukan action


Itu dia sedikit informasi tentang perkembangan joystick hingga saat ini. masih banyak informasi lainnya yang belum anda ketahui. jadi, perbanyaklah membaca ya??


Post a Comment

0 Comments