Search Bar

firebase test lab untuk android virtual tes lab yang disediakan firebase


Assalamualaikum Wr Wb




Oke, kali ini saya akan berbagi kegunaan dari test lab pada pusat google atau firebase.

Apa itu firebase ?

          Firebase adalah BaaS (Backend as a Service) yang saat ini dimiliki oleh Google. Firebase ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan Mobile Apps Developer. Dengan adanya Firebase, apps developer bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang besar untuk urusan backend.


Lebih lengkapnya baca DISINI



Oke, apa sih kegunaan dari test lab itu sendiri ?

           Firebase Test Lab for Android memberikan infrastruktur berbasis cloud untuk menguji aplikasi Android. Dengan satu operasi, Anda bisa memulai pengujian aplikasi di berbagai macam perangkat dan konfigurasi perangkat. Hasil pengujian—termasuk log, video, dan screenshot—tersedia dalam project Anda di Firebase console. Meskipun Anda belum menuliskan kode pengujian untuk aplikasi, Test Lab dapat mencoba aplikasi secara otomatis, untuk mencari tahu apakah terjadi error.



Apa kemampuan Utamanya ?

  • Menguji pada perangkat sungguhan
  • Menjalankan pengujian aplikasi, meskipun Anda belum menulis apa pun
  • Integrasi alur kerja

Penjelasannya :

  • Gunakan Test Lab untuk menguji aplikasi pada perangkat yang di-install dan berjalan di pusat data Google. Test Lab membantu Anda menemukan masalah yang hanya terjadi pada konfigurasi perangkat tertentu (misalnya, Nexus 5 yang menjalankan tingkat Android API spesifik dan setelan bahasa spesifik).
  • Anda bisa menggunakan uji Robo untuk menemukan masalah pada aplikasi, sehingga Anda bisa menguji aplikasi meskipun belum menulis pengujian aplikasi. Uji Robo menganalisis struktur antarmuka pengguna aplikasi dan mempelajarinya, serta otomatis menyimulasikan aktivitas pengguna. Jika Anda telah menulis pengujian instrumentasi untuk aplikasi, Test Lab juga dapat menjalankan pengujian tersebut.
  • Test Lab terintegrasi dengan Android Studio, Firebase console, dan baris perintah gcloud. Anda juga dapat menggunakan Test Lab dengan sistem Continuous Integration (CI).


Bagaimana Cara kerjanya ?

         Test Lab menggunakan perangkat yang berjalan dalam pusat data Google untuk menguji aplikasi Anda. Perangkat yang digunakan untuk pengujian adalah perangkat produksi sungguhan yang telah dimuat dengan tingkat Android API yang telah diupdate, atau setelan bahasa yang telah ditentukan, sehingga Anda bisa langsung menguji aplikasi pada sekumpulan perangkat sungguhan dan konfigurasi perangkat.





Test Lab memungkinkan Anda menjalankan uji instrumentasi Espresso, Robotium, atau UI Automator 2.0 untuk menguji aplikasi dari Firebase console, Android Studio, atau antarmuka baris perintah gcloud. Anda juga dapat menggunakan uji Robo untuk menjalankan aplikasi secara otomatis dari Firebase console atau baris perintah gcloud.

Uji Robo akan menangkap log, membuat "peta aktivitas" yang menunjukkan rangkaian screenshot beranotasi yang terkait, kemudian membuat video dari urutan screenshot tersebut untuk menunjukkan simulasi operasi pengguna yang dijalankannya kepada Anda. Pelajari lebih lanjut tentang uji Robo.



Jalur Implementasi ?

  • Jika Anda menjalankan uji instrumentasi, tulis pengujian khusus aplikasi Anda.
  • Pilih lingkungan dan matriks pengujian.
  • Jalankan pengujian dan tinjau hasilnya.

Penjelasannya :


  • Ketika mengembangkan uji instrumentasi untuk aplikasi Anda, ingatlah untuk menambahkan pustaka screenshot Test Lab ke project pengujian aplikasi agar Anda lebih mudah menafsirkan hasil pengujian.
  • Dengan menggunakan lingkungan pengujian pilihan Anda (Firebase console, Android Studio, atau antarmuka baris perintah gloud), definisikan matriks pengujian dengan memilih rangkaian perangkat, tingkat API, bahasa, dan orientasi layar.
  • Bergantung pada ukuran matriks pengujian, mungkin diperlukan waktu beberapa menit bagi Test Lab untuk menyelesaikan pengujian. Setelah pengujian selesai, Anda dapat meninjau hasilnya di Firebase console.

Berikut video penjelasannya :



Post a Comment

1 Comments

  1. New “Memories” Widget in Google Photos for Users

    Although the general version of Android 12 won’t be available until this autumn, we already see the results of the revamped widgets.

    https://communityfornorton.wordpress.com
    https://v8webroot.wordpress.com

    ReplyDelete

Silahkan Dikomentar ya?