Search Bar

Aplikasi E-Voting kandidat kampus berbasis Android studi kasus Stikom Poltek Cirebon

Aplikasi E-Voting kandidat kampus berbasis Android studi kasus Stikom Poltek Cirebon




          e-voting berasal dari kata electronic voting yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi pada pelaksanaan pemungutan suara.

Pilihan teknologi yang digunakan dalam implementasi dari e-Voting sangat bervariasi, seperti penggunaan kartu pintar untuk otentikasi pemilih yang bisa digabung dalam e-KTP, penggunaan internet sebagai sistem pemungutan suara atau pengiriman data, penggunaan layar sentuh sebagai pengganti kartu suara, dan masih banyak variasi teknologi yang bisa digunakan dewasa ini. Dalam perkembangan pemikiran dewasa ini penggunaan perangkat telepon seluler untuk memberikan suara bisa menjadi pilihan karena sudah menggabungkan (konvergensi) perangkat komputer dan jaringan internet dalam satu perangkat tunggal.




Kondisi penerapan dan teknologi e-voting terus berubah seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Kendala-kendala e-voting yang pernah terjadi di berbagai negara yang pernah dan sedang menerapkannya menjadi penyempurnaan e-voting selanjutnya. Salah satu segi positif dari penerapan e-voting saat ini adalah makin murahnya perangkat keras yang digunakan dan makin terbukanya perangkat lunak yang digunakan sehingga biaya pelaksanaan e-voting makin murah dari waktu ke waktu dan untuk perangkat lunak makin terbuka untuk diaudit secara bersama. Salah satu konsep penerapan perangkat lunak adalah melalui Indonesia Goes Open Source (IGOS) dengan diperkenalkannya aplikasi e-Demokrasi pada tahun 2007.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pemungutan_suara_elektronik


Berikut adalah aplikasi e-voting kandidat berbasis android dan web :

1. Web Managemen



Halaman Login

Dashboard admin



Master User


Master kandidat

Foto kandidat


Master admin


Grafik Hasil voting




2. Aplikasi android pemilihan kandidat


Tampilan Splash Screen


Tampilan Login



Tampilan List Kandidat

Tampilan Berhasil memilih kandidat



Tampilan Sudah memilih kandidat



Jika tertarik dengan aplikasi ini, anda dapat menghubungi melalui email/whatsapp

Email : mohlukmansholeh30@gmail.com
Whatsapp : 085855070903





Post a Comment

0 Comments