Search Bar

PENGEMBANGAN APLIKASI RESEP MAKANAN INDONESIA BERBASIS ANDROID

PENGEMBANGAN APLIKASI RESEP MAKANAN INDONESIA BERBASIS ANDROID





           Indonesia memiliki beragam budaya dan ciri khas tradsional. Indonesia kini memiliki 34 Provinsi, di mana setiap Provinsi memiliki berbagai macam makanan khas tersendiri. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu rempah rempah seperti kemiri, cabai, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dan lain lain dengan diikuti penggunaan teknik - teknik tertentu dari masing masing kota yang terdapat di Indonesia. 


         Dunia makanan atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama kuliner pada saat ini sedang populer, dilihat dari banyaknya bermunculan program-program acara televisi yang berunsur kuliner mulai dari acara perlombaan memasak, panduan memasak yang bisa mengajarkan cara memasak makanan. Fenomena ini menunjukan antusiasme masyarakat terhadap kuliner saat ini sangat tinggi.
Resep masakan sangat dibutuhkan sebagai suatu sarana yang dapat menuntun pada proses penyiapan bahan-bahan masakan, cara pembuatan serta penyajian agar menghasilkan masakan dengan cita rasa lezat, nikmat, dan menarik. Resep masakan yang hanya didapatkan turun temurun dari orang tua terkadang terlupakan karena padatnya aktifitas seseorang. Resep masakan yang dapat diakses setiap saat sangat dibutuhkan, sehingga dapat mempermudah dalam proses memasak.

         Kumpulan resep masakan yang tersedia saat ini berasal dari koran, majalah, maupun tabloid. Hal ini dinilai kurang efisien dalam penggolongan menurut kategori jenis resepnya, sehingga dapat menimbulkan kesulitan dalam hal pencarian dan pengarsipan koleksi resep masakan. Selain itu, dibutuhkan rak khusus untuk menyimpan kumpulan koran, tabloid, dan majalan tersebut untuk menjaga koleksi resep-resep yang dimiliki agar tetap awet dan tidak ada resep yang hilang.
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin banyak berperan di dalam kehidupan masyarakat. Hampir semua bidang kehidupan telah menggunakan teknologi sebagai alat bantu. Perkembangan teknologi yang begitu pesat dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan pesatnya perkembangnya teknologi saat ini maka di butuhkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna yang mampu memberikan keyamanan bagi pengguna dalam mempergunakan teknologi tersebut sebagai pengganti buku yang mudah di bawa kemana mana dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun serta dapat menghemat alokasi sumber daya penggunaan. 

           Di sisi lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat pesat, khususnya perangkat bergerak atau mobile device berbasis Android. Android dianggap sebagai platform mobile pertama yang lengkap, terbuka, dan bebas. Terlebih lagi Aplikasi berbasis mobile  Android sekarang sangat banyak digunakan oleh masyarakat karena penggunaanya yang mudah untuk dibawa kemana mana.

        Berdasarkan permasalah itulah yang mendorong penulis untuk mengangkat sebuah materi Tugas Akhir dengan judul “PENGEMBANGAN APLIKASI RESEP MAKANAN INDONESIA BERBASIS ANDROID ” dan untuk meringkas penyebutan aplikasi yang dikembangkan penulis memberi judul pada aplikasi ini dengan nama aplikasi “Cook Book” guna mengatasi permasalahan yang telah dijabarkan pada paragraf sebelumnya.


Berikut Screenshoot programnya:

Web Managemen :

Halaman Login


Dashboard Admin


Master Resep

Kategori


Slider

User admin


Pengguna




Screenshoot Android :




Splash Screen



Login



Daftar



Home Pengguna


Menu 



Notifikasi



List Resep



Favorit



Profil



Resepku



Detail Resep



Tentang

Jika tertarik dengan aplikasi ini, anda dapat menghubungi melalui email/whatsapp


Email : mohlukmansholeh30@gmail.com
Whatsapp : 085855070903





Post a Comment

0 Comments