Search Bar

Rancang Bangun Sistem Informasi Obat Dan Apotek Area Jember Menggunakan Metode Rad Berbasis Mobile

Rancang Bangun Sistem Informasi Obat Dan Apotek Area Jatiwaringin Menggunakan Metode Rad Berbasis Mobile





                Dalam pembelajaran, buku merupakan media yang utama. Namun sering dengan perkembangan zaman, metode pembelajaran bisa dilakukan melalui media apa saja dan lebih mudah. Salah satu media yang sedang berkembang pesat dan dekat dengan kehidupan manusia adalah mobile phone. Teknologi yang saat ini lebih dikenal sebagai smartphone atau PC (Personal Computer) tablet ini tidak hanya terbatas penggunaannya sebagai alat komunikasi, namun juga dapat digunakan
sebagai media pembelajaran. Saat ini terdapat beberapa teknologi smartphone yang sudah popular dikalangan masyarakat diantaranya Blackberry, Iphone, Symbian, dan Android. Android merupakan perangkat lunak untuk device mobile yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi yang dirilis oleh Google. Android juga mampu terintegrasi dengan berbagai layanan google seperti googlemaps, dalam menampilkan sebuah informasi lokasi secara peta visual. Sedangkan Android SDK (Software Developmen Kit) menyediakan tools dan API (Aplication Programming Interface) yang diperlukan untuk menggembangkan aplikasi pada platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
Dewasa ini, telah timbul kebutuhan dari masyarakat, akan adanya informasi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan obat, suplemen makanan, obat tradisional. Hal ini disebabkan karena banyaknya jenis obat yang diproduksi oleh industri farmasi setiap tahunnya yang diikuti dengan informasi produk yang obyektifitasnya masih diragukan. Selain itu, bersamaan dengan perkembangan produk obat-obatan, informasi yang berkaitan dengan perkembanagn obat tersebut juga semakin banyak. Informasi ini dapat menyulitkan para pengguna informasi, dalam memilih ketepatan atau kebenaran informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan.
Dengan semua permasalahan yang ada sekarang diperlukan suatu pelayanan informasi obat kepada masyarakat yang dapat menjamin diperolehnya informasi yang benar dan obyektif. Pelayanan informasi obat yang dikelola oleh sumber daya manusia yang berkompeten merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi.
Pharmacy Daily sebagai rujukan informasi obat untuk mengembangkan dan membina semua bentuk pelayanan informasi obat. Pharmacy Daily dapat dijadikan acuan dalam mendapatkan informasi yang tepat dan juga menjadi tempat peningkatan kompetensi bagi apoteker dalam menjalankan pelayanan informasi obat.

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis ini akan melakukan pembuatan “Rancang Bangun Sistem Informasi Obat dan Apotek Area Jember Menggunakan Metode RAD Berbasis Mobile”.


Berikut screenshoot programnya :

Web managemen :


Halaman Login



Dashboard admin



Master Obat


Master Apotek


Master User


Master Pengunjung


Tampilan Android :


Login



Daftar



Menu


Menu


Pencarian Obat



List Obat


Detail Obat


Lokasi Obat


Maps Direction ke apotek





Jika tertarik dengan aplikasi yang lain, anda dapat menghubungi melalui email/whatsapp


Email : mohlukmansholeh30@gmail.com
Whatsapp : 085855070903



Post a Comment

0 Comments