Search Bar

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA CUM LAUDE MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
PENENTUAN MAHASISWA CUM LAUDE MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT




             pengertian metode Weighted Product (WP) itu sendiri alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu pada metode ini. Pada awalnya metode ini pertama kali diterbitkan oleh bridgman pada tahun 1922 yang termuat pada artikelnya, lalu pada tahun 1969. Miller dan Starr juga ikut juga menerbitkan artikel mengenai metode WP ini. Metode WP ini hampir mirip dengan Metode Weighted Sum (WS), namun terdapat sedikit perbedaan pada operasi matematisnya yakni pada metode weighted product menggunakan perkalian sedangkan pada metode weighted sum menggunakan penjumlahan.

Metode Weighted Product adalah salah satu penyelesaian pada sistem pendukung keputusan. Metode ini mengevaluasi beberapa alternatif terhadap sekumpulan atribut/kriteria, dimana setiap atribut tidak bergantung antara satu dengan lainnya.

Dalam buku kusumadewi yang diterbitkan pada tahun 2006 disebutkan bahwa metode WP menggunakan teknik perkalian untuk rating atribut. dimana rating atribut harus dipangkatkan dengan bobot atribut yang bersangkutan.



Berikut Screenshoot Programnya :



Login



Data Mahasiswa



Matrix



Bobot


Hasil Perhitungan


Jika tertarik dengan aplikasi ini, anda dapat menghubungi melalui email/whatsapp


Email : mohlukmansholeh30@gmail.com
Whatsapp : 085855070903



Post a Comment

0 Comments