Search Bar

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN PERTUKARAN MAHASISWA DIUNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB

 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN PERTUKARAN MAHASISWA DIUNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI MENGGUNAKAN METODE TOPSIS BERBASIS WEB 





       Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) merupakan Universitas Negeri di Kabupaten Kuntan Singingi, Riau. Sebagai instansi penyelenggara pendidikan, UNIKS melakukan kerja sama dengan berbagai universitas dari Riau dan luar daerah, dan salah satu bentuk implementasi dari kerjasama tersebut merupakan program pertukaran mahasiswa. 


      Secara umum proses seleksi yang dilakukan untuk menyeleksi mahasiswa yang dianggap layak mengikuti program pertukaran mahasiswa ini, ada dua tahap yaitu, tahap administrasi dan tahap wawancara. Tahap administrasi mahasiswa mengumpulkan berkas berupa data-data yang diperlukan untuk kebutuhan seleksi. Tahap wawancara mahasiswa diwawancarari oleh tim penyelenggara kegitan, setelah kedua tahap tersebut selesai, tim penyelenggara kegiatan akan melakukan musyawarah untuk menilai dan memilih mahasiswa yang dianggap layak mengikuti program pertukaran mahasiswa tersebut, dengan cara mendiskusikan hasil wawancara dan memeriksa kelengkapan berkas-berkas administrasinya secara konvensional. Tahap terakhir dalam proses kegiatan seleksi, tim penyelenggara akan mengumumkan informasi mahasiswa terpilih dalam mengikuti program pertukaran mahasiswa ini.

        Penyeleksian mahasiswa dalam mengikuti program pertukaran mahasiswa masih dengan cara penilaian. Sistem penilaian seperti ini memiliki kelemahan karena kurangnya objektifitas dalam penilaian serta memungkinkan terjadinya kesalahan penulisan rumus dan perhitungan. Selain itu banyaknya mahasiswa yang mendaftar setiap tahun, sehingga para dosen penilai membutuhkan waktu lebih lama dalam melakukan pemilihan mahasiswa yang akan mengikuti dalam pertukaran mahasiswa. Melihat masalah tersebut, maka dibuatlah Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pertukaran Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi untuk membantu pihak Universitas Islam Kuntan Singingi dalam memilih mahasiswa yang lulus.


Berikut Screenshoot Programnya :



Login



Dashboard



Mahasiswa



Kriteria & Bobot



Data Masukan Dan perhitungan


Hasil


Jika tertarik dengan aplikasi ini, anda dapat menghubungi melalui email/whatsapp


Email : mohlukmansholeh30@gmail.com
Whatsapp : 085855070903




Post a Comment

0 Comments