Search Bar

Sejarah Evolusi Computer dari Eniac-Intel Core i7



           Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, perkembangannya dapat dibagi menjadi 5 Generasi :
  • Generasi Pertama (1940 - 1959)
  • Generasi Kedua (1959 - 1964)
  • Generasi Ketiga (1964 - 1970)
  • Generasi Keempat (Sejak 1970)
  • Generasi Kelima (Sekarang)

  1. Komputer Generasi Pertama
           Komputer generasi pertama banyak digunakan untuk tujaun saintifik. Oleh karena ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemrosesan data dan harganya yang tinggi, banyak yang menganggap komputer akan menjadi alat yang digunakan untuk tujuan saintifik saja selamanya, bukan untuk kegunaan umum.

          Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, sehingga menjadi cepat panas dan mudah terbakar. Oleh karena itu diperlukan beribu-ribu tabung vakum untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Selain itu juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang dapat menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :



  • Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya.
  • Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin / assembler.
  • Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas.
  • Cepat panas.
  • Proses kurang cepat.
  • Memerlukan daya listrik yang besar.
  • Orientasi pada aplikasi bisnis.


Beberapa contoh komputer generasi pertama :



1. ENIAC ( Electronic Numerical And Calculator )
       Dirancang oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman

2. EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
       Penggunaan tabung vakum sudah mulai dikurangi dalam perancangan komputer EDVAC ini, dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat disbanding ENIAC.

3. EDSAC ( Electronic Delay Storage Automatic Calculator )
       Mulai memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

4. UNIVAC I ( Universal Automatic Calculator)
      Dirancang pada tahun 1951 oleh Dr. Mauchly dan Eckert. Komputer ini merupakan komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

5. UNIVAC II
      Pabrik pembuatnya Sperry Rand-Univac

6. Datamatic 1000
      Pabrik pembuatnya Honeywell

7.Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709
       Pabrik pembuatnya International Business Machine

8. CRC, NCR 102A, NCR 102D
       Pabrik pembuatnya National Cash register

9. BIZMAC I, BIZMAC II
      Pabrik pembuatnya RCA








ENIAC

       singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah komputerelektronik penuh pertama yang didesain agar Turing Complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan.

         ENIAC mendapatkan pemberitaan yang luas karena ukurannya yang besar. Ia memiliki 17.468 tabung vakum, 7.200 dioda kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 27ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m² dan mengkonsumsi energi sebesar 160 kW.
Komputer Generasi Kedua

           Pada tahun 1948 penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai tahun 1956. Komputer generasi kedua menggunakan komonen-komponen transistor untuk CPU dan inti magnetic untuk memory. Daya tahan transistor diketahui lebih baik karena tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tabung vakum. Channel data muncul pada di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetic yang menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Keupayaan pemrosesan dan ingatan utama komputer juga bertambah. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial online yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberi kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal. Komputer generasi ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program.

IBM membuat supercomputer bernama Stretch dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai digunakan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Transistor (FORTRAN) dan ALGOL. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Pada masa ini berbagai macam karir baru muncul seperti programmer, analyst dan ahli sistem komputer. Industri peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada kmputer generasi kedua.

     Secara umum komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Sirkuitnya berupa transistor.
  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil disbanding komputer generasi pertama.
  • Proses operasi sudah cepat.
  • Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
Berorientasi pada bisnis dan teknik.Komputer Generasi Kedua Diantaranya :
  • 1959. PDP-1
       Perusahaan DEC (Didital Equipment Corporation) dengan pendirinya Ken Olsen dengan saudaranya Stan Olsen dan Harlan Anderson mendemonstrasikan komputer PDP-1. Komputer generasi kedua lainnya dikenalkan pada tahun 1959 adalah Honeywell 400.

  • 1961. VIRTUAL MEMORY YANG PERTAMA
        Metode virtual memory diusulkan oleh suatu group Di Manchester London dan kira-kira mulai awal tahun 1970 banyak komputer yang menerapkannya.

  • 1963. KOMPUTER MINI KOMERSIAL YANG PERTAMA
        Perusahaan DEC mulai menjual komputer mini yaitu PDP-5, kemudian diikuti oleh PDP-8 yang dianggap sebagai kompouter mini yang sukses.
Komputer generasi kedua lainnya yaitu:

1. UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107.
2. Burroughs 200
3. IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IOBM 1600
4. NRC 300
5. Honeywell 400, Honeywell 800
6. CDC 1604, CDC 106A.
7. GE 635, GE 645, 6E 200



UNIVAC III

                 dirancang sebagai perbaikan transistorized pengganti tabung vakumUNIVAC I dan II UNIVAC komputer, diperkenalkan pada bulan Juni 1962. Ia dirancang agar kompatibel untuk semua format data. Namun ukuran kata dan set instruksi benar-benar berbeda; ini disajikan kesulitan yang signifikan karena semua program harus ditulis ulang, begitu banyak pelanggan beralih ke vendor yang berbeda daripada peningkatan UNIVACs ada.
Generasi Ketiga

                 Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikkan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk CPU. Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tabung vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958.

               Integrated Circuit (IC) mulai digunakan pada tahun 1965. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ked lm satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya komputer menjadi lebih kecil kaarena kompne-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya yaitu pengguanaan Operating System (OS) yang memungkinkan satu komputer melakukan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuak program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

              Jenis family komputer terkecil, yaitu mikrokomputer muncul dalam generasi ini.Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Diantara bahasa-bahasa tersebut, BASIC menjadi bahasa pemrograman yang paling popular pada mikrokomputer.

Mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Cicuits) yang bebentuk hybrid intgrated circuits dan monolithic intgrated circuits.
  • Peningkatan dari softwarenya.
  • Lebih cepat dan tepat bahkan 10000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Kapasitas memory komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Menggunakan penyimpan luar yang bersifat random access.
  • Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
  • Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing.
  • Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar serta grafik.
  • Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.
  • Kemampuan melakukan komunikasi data dari suatu komputer dengan komputer lain.


  • 1964. KOMPUTER GENERASI KETIGA YANG PERTAMA
Pada tanggal 7 April 1964 IBM mengumumkan sebuah komputer yaitu IBM S/360 atau IBM System 360 menggunakan komponen IC.

  • 1969. KOMPUTER MINI 16 BIT PERTAMA
Komputer mini 16 bit pertama dijual pada tahun 1969 dengan nama NOVA yang dikembangkan sejak tahun 1968 oleh perusahaan Data General Corporation.

  • Komputer-komputer generasi ketiga lainnya adalah :
UNIVAC 1108, UNIVAC 9000
URROUGHS 5700, BURROUGHS 6700, BURROUGHS 7700
NCR seri Century.
GE 600, GE 235.
CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000
PDP-8, PDP-11










IBM System/360 (S/360) 

        sebuah komputer mainframe sistem keluarga diumumkan oleh IBM pada tanggal 7 April 1964.Itu adalah keluarga pertama komputer dirancang untuk menutupi lengkap aplikasi, dari kecil hingga besar, baik secara komersial dan ilmiah. TDesain membuat perbedaan yang jelas antara arsitektur dan implementasi, yang memungkinkan IBM untuk merilis suite yang kompatibel dengan harga desain yang berbeda.
Generasi Keempat

        Komputer generasi keempat dikarakteristikkan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Setelah IC, tujuan pengembanagan yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Tahun 1980-an Very large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan utnuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut tentunya meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keandalan komputer.

          Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Sedangkan pada tahun 1980-an video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komuter rumahan yang lebih canggih dan dapat deprogram.

       Tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan rumah, kantor dan sekolah. Selanjutnya komputer melanjutkan evolusinya ke ukuran yang lebih kecil, dari desktop computer menjadi laptop dan palmtop (komputer genggam).

       Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer maka cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Komputer-komputer mulai dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan mengguanakan perkabelan langsung (LAN) atau kabel telepon sebuah jaringan dapat berkembang menjadi sangat besar.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT YANG PERTAMA
IBM 370 telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama.

  • 1971. MICROPROCESSOR YANG PERTAMA
          Ahli-ahli teknik di perusahaan Intel Corporation telah berhasil mengembangkan Chip Mikroprocessor yang disebut dengan 4004. Perusahaan Intel menyebut 4004 sebagai Microprogramable Computer on a Chip.

  • 1974. KOMPUTER MIKRO KOMERSIAL YANG PERTAMA
        Perusahaan Micro Instrumentation and Telemetry System (MITS) Corporation memproduksi komputer mikro altair yang dijual komersial pertama dalam bentuk kit seharga $400. Komputer mikro ini menggunakan 8080 microprocessor buatan perusahaan Intel.

  • 1975. KOMPUTER SUPER KOMERSIAL PERTAMA
          Komputer Cray-I dikirim ke Los Alamos Laboratories yang merupakan komputer super (supercomputer) komersial yang pertama.

  • 1977. LOCAL AREA NETWORK YANG PERTAMA
           Perusaahan Datapoint Corporation mengumumkan ARCNET yang merupakan Local Area Network. LAN adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu area yang lokal.

  • 1977. PERSONAL KOMPUTER YANG PERTAMA
           Sejak tahun 1977 komputer mikro merupakan perkembangan yang sangat penting dalam dunia komputer. Komputer mikro sejak tahun ini mempunyai bentuk fisik yang yangkecil dan harganya yang murah dapat terjangkau oleh masyarakat sehingga disebut dengan nama komputer personal. Pada tahun 1977 telah beredar komputer personal di pasaran yaitu Apple II Computer, Radio shack dan Commodore.
Komputer Apple II dikembangkan dari Komputer Apple I sejak tahun 1976. Sampai tahun 1979 sudah terjual kira-kira 400000 unit personal komputer dan telah ratusan perusahaan yang memproduksi personal dengan nama perusahaan A sampai Z yaitu : Apple, Altos, Altari, Basic Four Corporation, Casio, Coomodore Bussiness Machines, Compaq, Dynabyte, Epson, GRiD System Corporation, heath, Hewlett Packard, IBM, Intel Corporation, Kypro, Mattel Mis Corporation, Nipon Electronic Company, north Star, Ohio Scientific Instruments, Osborne, Processor Technologhy, Sinclair Trandy Corporation/Radio Shack, Televideo, Texas Instrument, Vector Graphics, Victor, Wang Laboratories, Xerox, Xenith dan lainnya.

  • 1978. KOMPUTER SISTEM WINDOW DAN MENGGUNAKAN MOUSE YANG PERTAMA
          Xerox Corporation memperkenalkan komputer diatas meja yang dapat menampilkan beberapa bentuk di layar sekaligus dalam bentuk jendela (window) dan menggunakan alat mouse pertama. Sekarang sistem-sistem yang terbaru banyak mernggunakan ide tersebut.

  • 1981. KOMPUTER IBM PC YANG PERTAMA
          Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer mikro yang disebut dengan komputer personal IBM. Komputer ini sukses besar di pasaran. Sampai pada akhir tahun 1982, sejumlah 835000 IBM PC terjual. IBM PC yang pertama dikenalkan ini diberi seri XT, sehingga dikenal dengan nama IBM PC/XT. Komputer ini menggunakan microprocessor buatan pabrik Intel yaitu Intel 8088 dengan kecepatan sampai 8 MHz. Besarnya RAM yang digunakan adalah sebesar 128 Kb sampai dengan 640 Kb dengan hardisk dengan kapasitas 10 Mb dan 5 ¼” disket berkapasitas 360 Kb. Sistem operasi yang digunakan untuk komputer ini adalah MS. DOS atau PC DOS.

  • 1984. IBM PC/AT
        IBM PC/AT (advanced Technology) yang dikenalkan merupakan seri kelanjutan dari IBM PC/XT. IBM PC/AT menggunakan micropocessor Intel 80286 dengan kecepatan 8 Mhz, RAM sebesar 256 Kb sampai dengan 3 Mb, harddisk dengan kapasitas 20 Mb,disket berukuran diameter 5 ¼” berkapasitas 1,2 Mb dan menggunakan sistem operasi PC DOS atau MS DOS.

  • 1984. MACHINTOSH DAN GUI PERTAMA
         Perusahaan komputer Apple memperkenalkan produk yang bernama Apple Macintosh pada tahun 1984. Komputer ini menjadi komputer yanf terkenal karena sangat mudah digunakan dan menggunakan konsep GUI ( menggunakan interface WIMP yaitu menggunakan sistem windows dengan pointing device misalnya mouse) untuk memilih pilihan yang ada di menu-menu pilihan atau dalam bentuk icons.

  • 1987. IBM PS/2
      Dikenalkan pada tahun 1987 menggunakan microprocessor Intel 8086 dengan kecepatan 10 MHz.

  • 1988. IBM PC/386 KOMPUTER 32 BIT YANG PERTAMA
      Seri selanjutnya dari IBM PC/AT adalah IBM PC/386 yang menggunakan microprocesor Intel 80386 yang merupakan komputer 32 bit pertama.
  • 1990. IBM PC/486
       Komputer ini menggunakan microprocessor Intel 80486 dengan kecepatan 25 sampai 66 MHz.

  • 1997. PENTIUM II
Pada bulan mei 1997 perusahaan Intel memperkenalkan microprocessor pentium II sebagai kelanjutan dari seri pentium. Pentium II mempunyai seri Intel 233 MHz, Intel Pentium 266 MHz, Intel Pentium 300 mhz.

  • 1998. AMD K6 3D
        Pesaing Intel yaitu AMD yang meluncurkan AMD K6 3D pada tahun 1998. Processor ini memopunyai kemampuan proses aplikasi grafik 3 dimensi dengan lebih cepat dibandingkan processor sebelumnya.



           IBM Personal Computer XT, sering disingkatIBM XT, PC XT, atau hanya XT, adalah yang penerus IBM ke original IBM PC . Album ini dirilis sebagai nomor produk IBM 5160 pada tanggal 8 Maret 1983, dan datang standar dengan hard drive . Hal ini didasarkan pada arsitektur dasarnya sama dengan PC yang asli, dengan hanya perbaikan tambahan, sebuah arsitektur bus-bit 16 baru akan mengikuti di AT . XT ini terutama dimaksudkan sebagai mesin ditingkatkan untuk penggunaan bisnis, dan sesuai PC 3270 yang menampilkan 3270 terminal emulasi dirilis kemudian pada bulan Oktober 1983. XT stands for X -tended Technology.Singkatan XT X-cenderung T echnology.
Generasi Kelima





          Komputer pada zaman sekarang ini sudah lebih canggih baik dalam segi Kemampuan yang sudah berkembang sangat signifikan, Bentuk yang sudah semakin di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan sudah diperlukan di berbagai aspek baik untuk bisnis maupun untuk kepentingan edukasi.

Pada generasi ini komputer sudah mempunyai bentuk umum yaitu terdiri dari :
  • CPU (central processing unit)
  • Monitor baik berupa LCD (liquid crystal digital) maupun CRT (Cathode Ray Tube)
  • Keyboard
          Mouse secara umum seperti itulah bentuk komputer pada generasi kelima atau pada masa kini. Namun karena kebutuhan yang dimiliki manusia semakin lama semakin kompleks dan untuk itu dibutuhkan jenis komputer yang sesuai dengan kebutuhan, untuk itu kebanyakan komputer pada generasi kelima ini dikembangkan fokus kepada hardware yang terdapat pada CPU agar bisa menyesuaikan dengan program atau sofware yang dibutuhkan, namun tidak berarti bentuk dari sebuah Pesonal Komputer itu sendiri tidak berkembang banyak juga yang sudah mengeambangkan sebuah personal komputer agar mobilitasnya dapat menyesuaikan kebutuhan kita.

          seperti yang dijelaskan diatas perkembangan sebuah komputer pada saat ini menyesuaikan dengan kebutuhan banyak orang tidak seperti dahulu yang hanya dapat digunakan oleh beberapa orang. secara umum perkembangan komputer masa kini dapat di lihat dari berkembangnya komponen mikroprosesornya

berikut perkembangan mikroprosesor yang ada pada saat ini :

Pentium II 

Processor utama ini memiliki fitur :
  • Kecepatan yang berkisar antara 233MHz sampai 450MHz (di tahun 1999)
  • Cocok untuk workstations maupun servers
  • Menggunakan single edge contact cartridge, 242 pins
  • Termasuk 512KB level two cache
  • 32KB dari level one cache dibagi menjadi 16KB data dan 16KB instruksi cachePentium Pro 

Rangkaian Prosessor ini sesuai untuk high-end servers yang membutuhkan sampai 4 processor. Fitur yang dimilikinya :
  • sesuai untuk high end workstations dan servers
  • kecepatannya 150, 166, 180 dan 200MHz
  • dapat diskalakan sampai 4 processors dalam sistem multiprocessor
  • dioptimalkan sampai dapat menjalankan aplikasi 32 bit.
  • 8K/8K data terpisah dan instruksi level one cacheCerelon Processor 

Processor Cerelon didesain untuk pemakaian pasar konsumen di rumahan. Processor ini memiliki fitur :
  • kecepatan berkisar dari 266 sampai 500MHz (di tahun 1999)
  • Mirip dengan Pentium II processor
  • Versi 300 dan 333MHz termasuk 128K dari level two cache
  • level one cache 32K (terdiri dari 16K instruksi dan 16K data)
  • meliputi teknologi MMX

Pentium III Processor 

        Berdasarkan pada mikro arsitektur P6, merupakan media Intel MMX yang ditingkatkan dengan penyediaan Streaming SIMD Extensions. Diaman terdapat 70 instruksi baru yang memungkinkan penggambaran image tingkat lanjut, grafik 3D, audio dan video, dan pengenalan percakapan. Fitur barunya adalah processor serial number, yaitu suatu nomer elektronik yang ditambahkan ke setiap Processor Pentium III, yang dapat digunakan oleh departement IT untuk manajemen informasi/asset.
Processor ini memiliki fitur :
  • kecepatan berkisar 450MHz, 500MHz, 550MHz dan 600MHz (di tahun 1999)
  • 70 Instruksi baru
  • Intel® Processor Serial Number
  • P6 Microarchitecture
  • 100MHz system bus
  • 512K Level Two Cache
Intel® 440BX chipset




Intel Pentium 4 Family and next generation

          Biasa disebut Pentium 4. Meski dalam satu keluarga namun memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Demikian juga dengan socket yang digunakan. Versi terbanyak yang digunakan Pentium 4 adalah menggunakan socket 478. Pada versi terbarunya telah menggunakan socket LGA 775 untuk mendukung beberapa motherboard keluaran terbaru
Merupakan generasi pertama Pentium 4 yang memiliki 1 MB L2 cache dan memiliki kecepatan 3,8 GHz. Namun, pada processor ini memiliki kendala yang cukup signifikan, yaitu ... memiliki panas yang cukup tinggi. Dan processor ini belum mendukung operating system dan aplikasi 64-bit. Segi baiknya, processor ini memang memiliki kinerja yang baik untuk menunjang kebutuhan multiaplikasi dan gaming.




Pentium 4 Extreme Edition

               Merupakan jajaran processor premium dari Intel, untuk CPU desktop PC. Yang terbaru juga telah menggunakan socket LGA 775 dan berjalan di atas 3,46 GHz dengan fitur 512 K L2 cache ditambah dengan 2 MB L3 cache dan FSB sebesar 1066 MHz. Ia juga tersedia dalam versi 64-bit CPU.








Pentium D

          Keluarga CPU Intel yang memiliki arsitektur dual-core. Beberapa seri yang sudah tersedia, di antaranya Pentium D 840, 830, dan 820 yang memiliki clock dari 2,80 sampai 3,20 GHz dengan FSB 800 MHz. Dengan L2 cache yang dimilikinya 2×1 Mb. Dengan dual-core, diharapkan mampu melakukan pemrosesan data dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, processor ini telah dilengkapi dengan EMT64T (Extended Memory 64 Technology) yang mendukung operating system dan aplikasi 64-bit.




Dual Core

           Pada tahun 2005 Intel menjual produk Dual-Core pertamanya. Dari namanya kita dapat ambil kesimpulan bahwa procesor jenis ini bekerja dengan dua inti processor di dalam satu processor. Setiap inti ini kecepatannya sama dengan processor sebelumnya, akan tetapi semua proses hitungan dibagi kepada dua inti tersebut, sehingga proses hitungan jadi lebih cepat.












Intel Core 2 Duo

              Pada pertengahan 2006 Intel merilis Intel Core 2 Duo. Pada saat itu bernama Conroe dan Allendale. Sistem pengoperasiannya sama seperti Intel Dual Core, akan tetapi letak perbedaannya adalah di jumlah transistornya. Hal inilah yang menjadikan Intel Core 2 Duo lebih cepat dibandingkan dengan Intel Dual Core. Dan Intel Core 2 Duo jauh lebih efisien dibandingkan dengan seri sebelumnya dalam hal mengeksekusi intruksi.




intel Core 2 Quad Q6600

Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP ).












Intel Quad-core Xeon X3210/X3220

Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut, dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).












AMD Athlon 64 Family

          AMD memiliki tiga jenis processor dengan performa yang berbeda. Yaitu, Athlon 64 dan FX Series, juga Sempron. Meski dari ketiganya memiliki basic teknologi yang sama, namun beberapa fitur dan harga yang ditawarkan memiliki perbedaan yang cukup berarti.
Pada dasarnya, processor AMD Athlon 64 mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi terhadap aplikasi yang menggunakan banyak floating point dan kebutuhan bandwidth yang besar.
AMD Athlon 64

            Pada processor ini memiliki dua versi. Versi yang pertama yang masih menggunakan memory single-channel. Yaitu Athlon 64 yang menggunakan socket 75. Sedangkan yang kedua menggunakan socket 939 dan sudah memiliki teknologi memory dual-channel. Untuk harga, sudah barang tentu Athlon 64 754 memiliki harga yang lebih murah dibanding 939. Keduanya memiliki L2 cache sebesar 1 MB, sedangkan untuk kecepatan yang ditawarkan beragam, mulai dari 2,4 GHz sampai dengan 3,0 GHz.











Athlon 64 FX

         Processor ini merupakan processor yang paling tepat untuk menunjang para gamer, karena selain dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB dengan kecepatan terendah yang ditawarkan sebesar 2,6 GHz. Pada processor keluaran AMD baik Athlon 64 ataupun Athlon 64 FX sudah mendukung aplikasi dan operating system 64-bit. Dan kini AMD telah mengeluarkan processor dualcore, yaitu AMD Athlon 64 X2, masih menggunakan socket 939+.












Intel Core i3

          The Core I3 ini dimaksudkan untuk menjadi prosesor entry-level baru dari Intel, setelah pensiun dari Core 2.

       Teras pertama I3 prosesor diluncurkan pada 7 Januari 2010. dengan terintegrasi GPUdan dua core. The same processor will also be available as Core i5 and Pentium, with slightly different configurations. Prosesor yang sama juga akan tersedia sebagai Core i5 dan Pentium, dengan sedikit konfigurasi yang berbeda.

The I3-3xxM prosesor Core didasarkan pada Arrandale , versi mobile dari prosesor desktop Clarkdale. Mereka akan mirip dengan seri 4xx i5-Core tetapi berjalan pada kecepatan clock yang lebih rendah dan tanpa Turbo boost.

Menurut beberapa sumber, ada Core 2 prosesor berdasarkan Yorkfield ,Wolfdale dan Penyrin juga bisa mendapatkan rebranded untuk Core I3










Core i5
d       idasarkan pada Nehalem mikroarsitektur. The Core i5 pertama diperkenalkan pada tanggal 8 September 2009 dan merupakan sebuah varian utama dari i7, awalnya hanya inti-inti prosesor desktop quad berdasarkan Lynnfield , dengan dual-core mobile (Arrandale ) dan prosesor desktop ( Clarkdale) setelah pada tahun 2010.








Core i7
Pada tahun 2009, Core i7 baru model berdasarkan Lynnfield quad-core prosesor desktop dan Clarksfield quad-core mobile yang ditambahkan, dan model berdasarkan Arrandale -core mobile dual prosesor yang telah diumumkan. Penambahan enam-core pertama lineup prosesor Core akan dengan Gulftown prosesor, yang diluncurkan pada tanggal 16 Maret 2010.


Sekian dulu penjelasanya ya? semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments