Search Bar

Instalasi Dual Boot Windows 8 dan Ubuntu 13.04



Assalamualaikum Wr Wb

Sebenarnya menginstalnya sama dengan cara yang aku posting kemarin di blog : loecman30.blogspot.com. disana sudah ada cara menginstal beberapa cara antara windows dan linux.

Pertama kita harus menginstal windows terlebih dahulu sebelum menginstal dual boot dengan linux.kemudian dilanjutkan untuk menginstal linux.nannti disana akan disuguhkan atau pilihan,apakah dibuat single linux/dual boot dengan windows.


Install Windows 8

Pertama adalah install Windows 8 seperti biasa, gunakan partisi untuk Windows 8 seperlunya, misalkan Hardisk anda sebesar 500 GB gunakanlah sebesar 100 GB saja. Sisanya biarkan tanpa terpartisi. Windows akan secara otomatis membuat 2 partisi.



Install Linux

Pertama download file iso di situsnya, misalnya Ubuntu. Siapkan cd kosong atau bisa juga gunakan flaskdisk sebagai media instalasi. Jika ingin mengunakan flashdisk, gunakan tool seperti Unetbootin untuk memindahkan file iso tersebut ke flashdisk. Booting komputer menggunakan cd atau flashdisk yang sudah dipersiapkan, jangan lupa untuk merubah urutan boooting di bios menjadi dari cd atau fdd.

Saat instalasi Ubuntu seharusnya partisi dari Windows 8 otomatis terdeteksi. Kita bisa memilih “install along side” tetapi kalau ingin konfigurasi partisi sesuai keiinginan pilih saja “Something else’

Kesimpulan dan troubleshooting

Pengalaman saya ketika meng-install dual boot Windows 8 dan Ubuntu adalah:

1. ketika sudah selesai proses instalasi Windows 8, Ubuntu tidak menemukan partisi dari Windows 8. Ketika dilihat di Gparted terdapat partisi Windows 8. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan tool Gdisk yang bisa dijalankan dari live cd/usb.

2. Ketika Windows 8 dan Ubuntu sudah terinstall pada saat booting tidak ada pilihan untuk memilih windows atau linux dan langsung me-load Windows 8. Ubuntu tidak terdeteksi. Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan Boot Repair. Boot Repair adalah aplikasi sederhana untuk memperbaiki grub yang rusak. Cara penggunaannya ada dua yaitu dengan download boot repair disk dan instalasi langsung dari live cd/usb.

Selamat mencoba ya? :D

Post a Comment

0 Comments