Search Bar

Abstrack & interface dalam java

Assalamualaikum Wr Wb






Kembali lagi dengan saya, siapa lagi kalau bukan bang sholeh. kali ini bang sholeh akan sedikit berbagi tentang apa itu abstrack & interface.

langsung saja di 3D ya :
  • Dibaca
  • Dipahami
  • Dipraktekkan






Abstrack & interface dalam java !

           Abstrak secara umum dapat kita artikan sebagai gambaran tentang sesuatu hal namun belum begitu jelas gambarannya. Sehingga masih butuh suatu proses lagi supaya gambaran tentang sesuatu tersebut menjadi lebih jelas (konkrit). kelas Abstrak tidak berbeda dengan kelas- kelas lainnya yaitu memiliki class members (method dan variabel). Sebuah class adalah abstrak jika salah satu methodnya dideklarasikan abstract. Method abstrak adalah method yang ditentukan dari dalam kelas tapi tidak disertai definisinya . Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Class abstrak tidak dapat dibuatkan instant atau objeknya menggunakan keyword new.
Sebuah class dapat dideklarasikan sebagai class abstrak walaupun tidak memiliki method abstrak.

           Definisi kelas diletakkan pada masing – masing kelas turunan (subclass). Dalam hal ini setiap subclass dari kelas abstrak harus mendefinisikan method-method yang tergolong sebagai method abstrak. Untuk membuat kelas abstrak digunakan key word abstract dengan cara penulisan seperti berikut: <
abstract 

//variable instan

//method non abstrak

//method abstrak 
}



           Contoh dari kelas abstrak adalah obyek bangun 2 dimensi (2D). Semua obyek bangun 2D dapat dihitung luas dan kelilingnya, tapi karena rumus untuk mendapatkan luas dan kelilingnya berbeda-beda untuk tiap – tiap bangun 2D maka method untuk menghitung luas dan keliling dibuat sebagai abstrak. Pada subclass – subclassnya baru akan diimplementasikan secara detail disertai penulisan rumus untuk masing – masing bangun 2D.



INTERFACE!

          Selain kelas abstrak terdapat pula kelas interface. Kelas ini sering disebut pure abstract. Sebuah interface dapat dibayangkan sebagai kelas abstrak yang seluruh methodnya adalah abstrak. Interface digunakan pada kelas-kelas lain dengan cara diimplementasikan dengan menggunakan key word implements. Sedangkan untuk membentuknya menggunakan key word interface dengan aturan seperti berikut :


interface <nama interface>

{

 //definisi konstanta

 // method abstrak

}





Interface dapat dibedakan dengan kelas abstrak dalam hal seperti berikut :
  • kelas abstrak dapat memiliki method abstrak maupun non abstrak tapi interface harus berisi method abstrak semua
  • kelas abstrak dapat mendeklarasaikan variabel instant, sedangkan interface hanya dapat mendefinisikan konstanta
  • interface dapat diimplementasikan lebih dari dari satu interface
  • pada interface modifier yang digunakan hanya public atau tidak sama sekali



Lebih lengkapnya kalian download saja :
Materi DISINI

Source Code DISINI




Babai,,,babai..??


Post a Comment

0 Comments